Tips Mengatur Keuangan Keluarga Supaya Tidak Boros

Setiap orang yang sudah berkeluarga pasti memiliki rencana untuk masa depan seperti memiliki rumah, memiliki kedaraan, membiayai sekolah anak, liburan, membuka usaha baru, hingga menyiapkan dana hari tua. Untuk mewujudkan rencana tersebut kita membutuhkan uang yang banyak. Oleh karena itu, kita kaan berbagi tips mengenai cara mengatur keuangan keluarga.

  • Belanja bulanan sesuai dengan kebutuhan

Terkadang kita menjadi terlalu boros karena terlalu menuruti keinginan bukan kebutuhan. Untuk mencegah agar kita tidak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, sebaiknya catat barang-barang yang memang dibutuhkan seperti tagihan listrik, sembako, biaya sekolah, transportasi, dll. Untuk kebutuhan tersier seperti traveling dan shopping bisa diwujudkan setelah kebutuhan pokok terpenuhi dengan baik serta memiliki tabungan.

  • Biaya rumah

Banyak orang yang kesulitan mengatur keuangan karena biaya cicilan rumah yang besar. Sebaiknya cicilan rumah tidak lebih ddari 25% dari total gaji yang diterima. Apabila belum mampu untuk membeli rumah, untuk sementara anda ikut bersama orang tua atau jika merasa tidak enak dan ingin hidup mandiri sebaiknya cari kontrakan yang murah.  Anda juga harus menabung dan mencari penghasilan tambahan agar impian memiliki rumah sendiri bisa segera diwujudkan.

  • Mencari penghasilan tambahan

Kita bisa menggunakan waktu luang kita untuk berjualan. Dengan memiliki penghasilan tambahan, maka akan semakin banyak juga uang yang dapat kita kumpulkan.

  • Membeli barang bekas

Untuk menghemat anggaran, kita bisa membeli barang bekas seperti kendaraan bekas yang masih layak pakai/kondisinya masih bagus. Yang terpenting adalah fungsinya.

  • Kurangi makan di luar

Anda dapat mengurangi jajan di luar karena ini akan membuat pengeluaran kita menjadi lebih besar. Misalnya kita beli kopi di café dengan harga 80rb, kita bisa menyeduh kopi sendiri di rumah dengan modal hanya 2rb rupiah. Pilihlah makanan yang sesuai kantong, bila perlu menanam sayuran di rumah dan memasaknya sendiri. Hal ini akan meminimalkan pengeluaran.

  • Kurangi naik kendaraan bermotor

Jika hanya pergi ke rumah tetangga atau ke sebuah lokasi yang tidak jauh sebaiknya kita jalan kaki atau menggunakan sepeda. Selain menghemat, kita juga bisa menjalankan aktivitas ini sebagai olahraga.

  • Gunakan diskon/promo

Biasanya di supermarket menawarkan beragam promo untuk membeli bahan makanan atau kebutuhan lainnya.